KECAMATAN BATU AJI MENGUNDANG TIM PUSKESMAS BATU AJI UNTUK PENYULUHAN PENCEGAHAN WABAH VIRUS CORONA

Beberapa hari belakangan kita disuguhkan satu fenomena kesehatan yang barangkali mencemaskan. Media massa kita – begitu pula mungkin termasuk linimasa media sosial – sedang banyak mengulas perihal infeksi Coronavirus. Penyakit virus yang dinamai para ilmuwan sebagai Novel Coronavirus (yang berarti coronavirus jenis baru, disingkat 2019-nCov) ini dikenal juga sebagai virus Flu Wuhan.

WHO telah merilis status infeksi virus 2019-nCov ini sebagai fenomena outbreak atau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) guna meningkatkan kewaspadaan tingkat global. Angka kejadian penyakit terus dilaporkan perkembangannya, dan sejauh ini kasus terkonfirmasi terbanyak ada di China – sebagai lokasi asal penyakit, kemudian Thailand, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Nepal, Vietnam, Prancis, dan Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri, berdasarkan rilis Kemenkes RI belum ada laporan kasus terkonfirmasi infeksi pernapasan akibat Coronavirus.  

Asal-usul dari virus ini serta bagaimana ia ditularkan antarmanusia masih terus diteliti. Sekadar wawasan bagi Anda, virus 2019-nCov yang kasus pertamanya di daerah Wuhan, China ini dalam kajian biologi merupakan jenis virus dari famili coronaviridae sebagaimana virus infeksi pernapasan SARS-Cov yang populer pada awal 2000-an serta virus MERS-Cov di daerah Arab yang beberapa tahun terakhir diperbincangkan dan populer pada momen-momen haji maupun umrah.  

Banyak analisis yang disuguhkan mengenai asal penyakit ini. Berdasarkan rilis dari CDC (Centers for Disease Control and Prevention), coronavirus diduga bersifat zoonosis, yaitu mulanya ditularkan melalui hewan. Hal ini ditengarai dari susunan genetik virusnya yang masih satu famili dengan SARS, yang inangnya adalah jenis musang dan mamalia sejenis; serta MERS, yang ditularkan melalui perantara hewan ternak khususnya unta. Banyak sekali jenis coronavirus yang telah diketahui oleh peneliti, dan yang diketahui menginfeksi manusia baru enam jenis termasuk 2019-nCov, SARS, dan MERS dengan karakteristiknya masing-masing.

Sumber: https://www.nu.or.id/post/read/115940/hal-hal-yang-perlu-anda-ketahui-tentang-virus-corona

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up