Visi dan Misi

VISI DAN MISI

 

  1. VISI

Menyangkut penyelenggaraan Pembangunan, sesuai dengan fungsi Camat sebagai Koordinator penyelenggaraan dan pengawasan pembangunan di wilayahnya, maka upaya yang dapat  dilakukan oleh Kecamatan adalah melaksanakan pembinaan dan pengawasan, pengendalian pembangunan di Kecamatan yaitu mengkoordinir  pelaksanaan kegiatan-kegiatan terkait dengan pembangunan yang secara fungsional dilaksanakan oleh Badan dan Dinas di jajaran Pemerintah Kota Batam.

 

Sebagai koordinator pembangunan di wilayahnya, tentunya Kecamatan Batu Aji terlebih dahulu harus menetapkan Visi dan Misi Pembangunan sehingga dapat memberikan arah yang jelas yang dapat dijadikan dasar pembangunan ditahun mendatang. Visi adalah preferensi dan pendekatan Pemerintah Kota Batam dalam hal  menyelenggarakan kepemerintahan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Visi Pembangunan Kota Batam Tahun 2011–2017:

 

Terwujudnya Kota Batam sebagai Bandar Dunia Madani yang Modern dan Menjadi Lokomotif Pertumbuhan Ekonomian Nasional”

 

Visi di atas mendudukkan masyarakat Kota Batam sebagai subyek pembangunan dengan tujuan kesejahteraan bangsa, termasuk segenap lapisan masyarakat Kota Batam. Upaya tersebut adalah adalah menjadi tugas aparatur Pemerintah Kota Batam. Di bawah kepemimpinan Walikota, peningkatan kualitas dan kesejahteraan hidup masyarakat akan diselenggarakan melalui pemerintahan yang baik dan bersih, serta berpegang pada prinsip-prinsip pemerintah yang dijalankan secara profesional, akuntabel, dan transparan yang mengedepankan partisipasi masyarakat.

 

Tertuang dalam RPJMD Kota Batam dengan mengacu pada Rencana Strategis Kecamatan Batu Aji dalam jangka waktu lima tahun serta pelaksanaannya secara bertahap yang dituangkan pada Rencana Kerja  (Renja) pada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

 

 

 

Untuk itu Kecamatan Batu Aji memiliki komitmen yang tertuang dalam  Visi Kecamatan Batu Aji : “Terwujudnya  Kecamatan Batu Aji sebagai Institusi yang Akuntabel dalam Penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat”.

 

Institusi Akuntabel :

Dimaksudkan mampu mempertanggungjawabkan  pelayanan masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

 

  1. MISI 

Misi merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan agar tujuan organisasi  dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan Visi yang ditetapkan. Dengan demikian visi dapat terwujud apabila setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)  mempunyai Misi yang jelas sehingga pada giliran dapat menyelaraskan dengan potensi, peluang dan kendala yang dihadapi.

 

Disamping  itu Misi merupakan pondasi dalam penyusunan perencanaan strategis, pernyataan Misi menunjukkan dengan jelas arti penting eksistensi pencapaian tujuan dan sasaran pembanguan daerah, karena Misi mewakili alasan dasar pemberian kewenangan penyelenggaraan pemerintah daerah.

 

Mengacu pada dasar tersebut, maka untuk mewujudkan Visi yang telah ditetapkan maka Kecamatan Batu Aji memiliki beberapa Misi sehingga menjadi kesatuan tekad harus terwujud  tahun  pertahun secara bertahap sesuai dengan rencana strategis lima tahunan, untuk hal tersebut beberapa Misi Pemerintah Kecamatan Batu Aji     antara lain :

Dengan Rencana Staregis Lima Tahunan, untuk hal tersebut beberapa Misi Pemerintah Kecamatan Batu Aji antara lain :

  1. Menigkatkan Kualitas dan Kuantitas Aparatur agar Lebih efektif, Handal dan Profesional
  2. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik
  3. Meningkatkan Keamanan dan Ketertiban Umum
  4. Memberdayakan Masyarakat Untuk Meningkatkan Partisipasi Dalam Pembangunan
Scroll Up